ICT Literacy untuk Rencana Pengembangan Masyarakat Pedesaan Berbasis Teknologi

Desa merupakan bagian dari seluruh komponen Pemerintahan yang diwujudkan dalam konsep kesederhanaan masyarakat. Kehidupan di Pedesaan menjadi satu anugrah bagi orang-orang yang memiliki tingkat kehidupan sederhana, jauh dari hiruk pikuk kontaminasi kehidupan kota yang digambarkan dalam satu bentuk kemewahan dan foya-foya. Menjadi bagian terpenting dari kehidupan pedesaan merupakan suatu tantangan tersendiri bagi sebagian orang untuk beradaptasi dan dapat bertahan hidup dengan kesederhanaan. Tanpa adanya jaringan listrik, fasilitas mewah sampai kepada jaringan internet.

Hal ini juga menjadi suatu tantangan untuk dapat mengembangkan potensi seseorang yang memiliki kemampuan lebih, berilmu pengetahuan terutama dalam bidang teknologi informasi. Bagaimana tidak, masyarakat desa juag butuh sarana informasi selayaknya kehidupan orang-orang dikota, dapat menikmati fasilitas umum, litrik hingga internet sebagai jembatan informasi mereka.

Sebagai orang yang terpelajar dan berilmu pengetahuan adalah suatu kewajiban untuk dapat membangun Desa menjadikan masyarakat desa melek akan teknologi informasi dan memiliki kesetaraan informasi dengan orang-orang di Kota. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu kita perbuat sebagai langkah awal untuk mengidentifikasi kelayakan sebuah Desa untuk dapat dikembangkan yaitu dengan melakukan penyebaran Quesioner berbasis ICT Literacy.

Literasi TIK atau ICT literacy adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan jaringan dalam mendefinisikan (Define), mengakses (Access), mengelola (Manage), mengintergrasikan (integrate), mengevaluasi (evaluate), menciptakan (create) dan mengkomunikasikan (communicate) informasi secara baik dan legal dalam rangka membangun masyarakat berpengetahuan dan berpendidikan. Literasi ICT merupakan kombinasi atas kemampuan intelektual, konsep-konsep mendasar, dan ketrampilan kontemporer yang memungkinkan seseorang untuk dapat bersilancar dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif.

Untuk itu sebagai bahan pengetahuan dan contoh quesioner/ ICT Literacy dapat melihat pada tautan berikut: Contoh Kuesioner Literasi.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *