IEEE Hingga Kini Masih Menjadi Idola di Level International Conferences

IEEE adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk pengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan. Sebelumnya IEEE memliki kepanjangan Institute of Electrical and Electronics Engineers, namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan, selain untuk keperluan legal; sehingga organisasi ini memiliki nama resmi IEEE saja.

IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.

Puzzle Research Data Technology (Predatech) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau merupakan salah satu komunitas riset yang menekuni bidang-bidang komputer seperti Data Mining, Data Science, Machine Learning/ Deep Learning, Artificial Intelligence, Business Intelligence, Big Data, Intelligence Information System dan beberapa bidang-bidang serumpun. Kiprah Anggota Predatech dalam dunia penelitian dan publikasi tidak perlu diragukan lagi, terutama dalam hal International Conferences. IEEE salah satunya sebagai lembaga publikasi yang menjadi idola para Peneliti/ Dosen di Dunia termasuk Indonesia masih menjadi primadona dalam hal Publikasii Ilmiah selain dari Elsevier.

IEEE memiliki bagian publisher yang sering disebut dengan IEEE Xplore menghimpun semua artikel-artikel/ paper yang telah dipresentasikan dalam International Conferences dan terbit secara tidak terbuka (berbayar). Meski banyak pihak terkadang ada yang meragukan kualitas paper yang terbit di IEEE namun sampai saat ini peneliti-peneliti ternama di Dunia juga menerbitkan artikelnya pada IEEE. Terlepas dari itu semua, kembali pada penyataan kuat dari banyak pihak, secara umum IEEE the best dalam dunia publikasi/ conferences (saat ini) dan juga masuk dalam level terindex Scopus.

Beberapa karya ilmiah Mahasiswa/ Dosen yang tergabung dalam Organisasi Predatech yang sudah publish di IEEE diantaranya adalah (Update 14 Mei 2022):

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *