Kapita Selekta 1: Konsep, Teori dan Riset Dasar Data Mining

Kapita Selekta diambil dari bahasa Latin, Capita Selecta yang secara harfiah berarti topik atau bab pilihan. Capita Selecta di era-era kemerdekaan sering dijadikan judul karya tulis oleh kaum intelektual Indonesia yang merupakan kumpulan ide-ide atau pemikiran yang dijadikan satu, kata tersebut kemudian dibakukan dalam Bahasa Indonesia menjadi Kapita Selekta yang berarti bunga rampai karya ilmiah yang dianggap penting.

Kemudian beberapa kampus juga mengadakan mata kuliah kapita selekta yang biasanya terdapat di semester akhir, isinya membahas tentang motivasi-motivasi dan seminar-seminar agar mahasiswa fokus dan siap secara mental serta menemukan inspirasi dalam menyelesaikan skripsinya.

Mata kuliah ini bertujuan untuk menyediakan pengetahuan dan pemahaman dalam beberapa fokus sebagai berikut:

  1. Mengenalkan dan membagi riset dan pengembangan yang dilaksanakan oleh sub bidang Artificial Inlelligence yang terbagi menjadi bidang fokus Data Mining dan Data Science.
  2. Memberikan updating hasil riset dan pengembangan bidang-bidang Data Mining.
  3. memantik munculnya ide dan inovasi riset dan pengembangan pada bidang Data Mining sebagai core competencies Mahasiswa Sistem Informasi.

Materi Kapita Selekta Data Mining terdiri dari:

  1. Pengantar Artificial Intelligence dan Machile Learning
  2. Teknik-teknik yang sering digunakan dalam Riset seperti Pemodelan, Pembagian Data serta Pre Modifikasi Processing Data
  3. Skema riset-riset dasar Machine Learning/ Data Mining

Download Full Materi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *