Kreatifitas dalam Pembelajaran Harus Mengikuti Trend dan Perkembangan

Jika ada yang bertanya: “Berikan contoh nyata semua usaha kreatif yang telah atau sedang Saudara lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran”

Pembelajaran yang saya lakukan sejak pertama kali masuk di Program Studi Sistem Informasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada tahun 2011 yaitu dengan cara konvensional. Beberapa cara konvensional yang dimaksud adalah dengan menggunakan metode ceramah, menulis di-white board dan menggunakan media powerpoint saja dalam mentransfer ilmu kepada Mahasiswa. Mata kuliah yang diajarkan saat itu adalah Pemrograman Internet, Algoritma Pemrograman, Matematika Diskrit dan Struktur Data. Beranjak dari tahun tersebut, 2012 dan 2013 saya menggunakan teknik yang sama dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas. Namun seiring berjalannya waktu, saya merasakan ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dengan proses tersebut.

Salah satunya adalah terkait dengan media yang saya gunakan, yaitu menulis diwhite board untuk mata kuliah pemrograman digantikan dengan model tutorial step by step antara Mahasiswa satu dengan Mahasiswa yang lain. Selan itu proses untuk beberapa mata kuliah seperti Matematika Diskrit dan Struktur Data saya menggunakan teknik lingkar atau leter U untuk tempat duduk Mahasiswa, dimana model ini pernah dikenalkan oleh salah satu pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada pertemuan Dosen. Saya mencoba dengan mengembangkan pola demikian dengan menunjuk 2 sampai 4 orang Mahasiswa untuk dapat menjadi pemimpin dalam setiap pertemuan perkuliahan dengan memanfaatkan beberapa media yang ada seperti LCD Projector.

Tahun 2013 pertengahan saya mengikuti studi di Institut Pertanian Bogor (IPB) hingga tahun 2015. Setelah kembali mengajar di UIN Suska Riau, saya beranggapan bahwa harus ada satu gebrakan baru terkait dengan metode pembelajaran di kelas. Kebetulan saat itu saya dipercaya untuk mengampu Mata Kuliah Pilihan yaitu Data Mining dan Sistem Informasi Intelligence, serta beberapa mata kulaih lain seperti Riset Teknologi Informasi, Matematika Sistem Informasi, Probabilitas dan Statistika serta Pemrograman Internet. Untuk mata kuliah wajib saya tetap menerapakan proses belajar mengajar model leter U dengan menggunakan taknik diskusi dengan satu materi atau topik tertentu. Namun yang paling spesial adalah mata kuliah Data Mining dan Sistem Informasi Intelligence. Dimana mata kuliah ini merupakan mata kuliah unggulan di Prodi Sistem Informasi sejak saya mengajukan mata kuliah ini, Khusunya Data Mining.

Sehingga perlu strategi khusus untuk mempertahankan mata kuliah ini sebagai mata kuliah favorit yang mudah dicerna dan dipahami oleh Mahasiswa. Berkembangknya indutri 4.0 dan maraknya topik-topik research tentang Data Mining dan Big Data maka saya menggunakan teknik belajar terbaru, yaitu dengan cara memberikan pilihan topik untuk dibahas dikelas. Prosesnya adalah, pertemuan pertama dan kedua Mahasiswa diberikan gambaran umum terkait topik research Data Mining, kemudian saya memberikan 20-25 sub topik berkaita dengan Algoritma Data Mining, dan Mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih 10-12 materi yang sedang ngetrend saat ini. Dengan demikian saya mengajarkan proses-proses utama dalam Data Mining yang didukung oleh beberapa algoritma yang telah dipilih oleh Mahasiswa untuk dibahas sesuai dengan konsep Revolusi Industri 4.0 yaitu berdasarkan kebutuhan pelaku/ pengguna. Selain itu model pengumpulan tugas-tugas sudah menggunakan Google Drive dan edmodo untuk memudahkan Mahasiswa dalam manajemen tugas kuliah serta penerapan paperless.

Kini, semenjak 2018 sampai dengan 2022 teknik pembelajaran maupun materi perkuliahan selalu diubah dan berubah mengikuti perkembangan zaman. Era baru model pembelajaran hybrid (Online dan Offline) menjadi suatu pilihan utama dengan pemanfaatan teknologi. Berbekal dengan hal tersebut, kini tergantung dari diri Mahasiswa apakah bisa mengikuti, bisa menyesuaikan, bisa konsisten dan komitmen untuk bersama-sama dalam menjaukan pendidikan di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *