Materi Pertemuan 4
SUPERVISED LEARNING
Supervised Learning adalah sebuah pendekatan dimana sudah terdapat data yang dilatih, dan terdapat variable yang ditargetkan sehingga tujuan dari pendekatan ini adalah mengelompokan suatu data kedata yang sudah ada.
- Pembelajaran yang ada Supervisornya.
- Maksud supervisornya adalah label di tiap datanya
UNSUPERVISED LEARNING
Unsupervised Learning tidak memiliki data latih, sehingga dari data yang ada, kita mengelompokan data tersebut menjadi 2 bagian atau 3 bagian dan seterusnya.
- Biasanya sering disebut dengan Klasterisasi/ Pengelompokan.
- Jumlah kelompok ditentukan berdasarkan keinginan atau secara automatic.
REGRESSION
Model Regresi digunakan saat kita ingin menganalisa hubungan antara variabel target bertipe numerik dengan satu atau beberapa variable prediktor bertipe kategorik dan-atau numerik.
- Regresi termasuk model yang paling dasar ketika seseorang pertama kali belajar pengolahan data (statistika).
- Termasuk Regresi Linier Sederhana dan Regresi Linier Berganda
ASSOCIATION RULES
Association Rule biasa juga disebut sebagai Market Basket Analysis bisa digunakan untuk mengoptimalkan tata letak barang-barang yang ada di suatu swalayan atau menentukan program promo yang tepat.
Salah satu aplikasi Association Rule (AR) adalah dengan mengolah data pembelian konsumen lalu menghitung beberapa statistik darinya seperti Support, Confidence, dan Lift untuk menentukan pola belanja konsumen.
Lihat Video: https://www.youtube.com/watch?v=hMMRb7CFQ2Y&t=145s